Blog yang berisi informasi tentang pendidikan khusus / pendidikan luar biasa (PLB), pendidikan umum, traveling, laporan, dan tips bermanfaat

Laporan PPL Mahasiswa PLB Di Sekolah Luar Biasa (SLB)

Artikel terkait : Laporan PPL Mahasiswa PLB Di Sekolah Luar Biasa (SLB)

DATA IDENTITAS ANAK
Nama                                                   : ASH
Tempat dan tanggal lahir/umur        : Serang, 15-09-2000
Umur                                                   : 15 tahun
Jenis kelamin                                        : laki-laki
Agama                                                 : Islam
Status anak                                          : Kandung
Kelas                                                   : VII SMP
Alamat                                                 : Ngemplak I, Sleman

      ASSESMEN UMUM
1.      Fisik
Pada aspek fisik, Dika  tidak mengalami masalah, seluruh anggota gerak yakni tangan dan kaki lengkap seperti pada anak umumnya, selain itu juga tidak terdapat gangguan pada fisiknya. Sehingga ia mampu bergerak baik berjalan, berlari, melompat, maupun melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik.  Pada kegiatan sehari-hari Dika sangat suka bergerak sehingga dapat dikatakan Dika memiliki mobilitas yang tinggi.
2.      Kognitif
Dika memiliki kebiasaan diluar kelas, sehingga sangat sulit mengajarkan bidang akademik, ia hanya mampu membilang sampai angka 10, membaca per dua huruf atau per suku kata, dika sebenarnya dapat membaca dua suku kata, namun pada tiga suku kata mengalami kesulitan karena kesulitan memusatkan perhatian pada suku kata sebelumnya. Pembelajaran yang cocok bagi dika adalah pembelajaran  fungsional yaitu keterampilan. Dika mudah belajar keterampilan misal: bengkel dan cuci motor.

3.      Sosial
Sosialisasi yang dimiliki Dika cukup baik, ia dapat bergaul dengan teman-temannya dengan baik, namun tidak demikian dengan orang baru, ketika disapa, kadang ia hanya diam saja atau tidak merespon. Ketika diamati pada proses pembelajaran keterampilan bengkel, Dika mampu bekerjasama, namun harus mendapat instruksi guru keterampilan bengkel. Dika sangat akrab dengan temannya di bengkel seperti David, Deni, dll
4.      Emosi
Emosi Dika tidak stabil, kadang dapat bergaul dengan tenang dan baik, namun kadang kala bermain kasar seperti menendang memukul temannya, maupun mengeluarkan kata-kata kasar. Di Sekolah Dika dikenal tidak bisa diam atau memiliki mobilitas yang tinggi, ia selalu berada diluar kelas belajar keterampilan di bengkel.

      KELUHAN GURU
Guru mengalami kesulitan untuk mengajarkan sesuatu pada bidang akademik karena anak memiliki mobilitas yang tinggi. Dika memiliki perilaku yakni aktifitas di luar kelas, sedangkan di kelas ada siswa lain yang ingin belajar. Di kelas guru harus mengajar 4 anak, sehingga tidak mungkin mengikuti aktifitas belajar Dika diluar kelas.

      MASALAH YANG DIHADAPI ANAK
Masalah yang dihadapi anak adalah anak belum mampu membaca kata yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih dengan lengkap karena kesulitan memusatkan perhatian pada suku kata awal. Ia sering lupa pada suku kata awal yang pernah dihafalkannya, misal: kata sepatu, sengketa, dll.

      FOKUS PERMASALAHAN
Masalah yang diangkat adalah masalah kesulitan membaca fungsional yaitu tanda atau rambu pada fasilitas umum.

           KEGIATAN PENGUMPULAN DATA
1.      Observasi
No
Hari & Tanggal
Kegiatan
Uraian
       
Selasa,
3 Maret 2015
Observasi sarana dan prasarana
a.       Aksesiabilitas di SLB N Sleman cukup memadahi, di setiap toilet terdapat besi untuk meniti atau membantu berjalan ketika ingin ke kamar mandi, di kamar mandi juga memakai toilet duduk.
b.      Terdapat tanjakan yang cukup landai untuk akses kursi roda antar bangunan, namun juga ada yang belum terdapat tanjakan di bangunan sebelah utara.
c.       Kaca banyak ditemukan di SLB tersebut yang digunakan agar siswa terbiasa menjaga kerapian.
d.      Fasilitas lain seperti tempat keterampilan musik, praktek batako, benkel, bertani atau berkebun, tata boga, maupun ruang senam juga tersedia, pada bidang olah raga juga terdapat area lompat jauh dan tolak peluru, serta lapangan basket walaupun tidak terstandar.
       
Senin,
9 Maret 2015
Mencari data di kantor administrasi (TU)
a.       Data identitas lengkap anak
b.      Laporan penilaian hasil belajar di SD
c.       Akte kelahiran
d.      Formulir pendaftaran siswa baru di SLB N Sleman
       
Selasa,
10 Maret 2015
Observasi pada anak
a.       Dika sedang melakukan atau membantu praktek keterampilan bengkel, ia dapat membantu seperti mengambilkan alat alat yang dibutuhkan.
       
Selasa,
17 Maret 2015
Wawancara dengan Pak Ardi ( guru Dika)
a.       Dika sulit untuk diarahkan pada bidang akademik, mobilitasnya sangat tinggi sehingga dika dapat dikatakan hiperaktif ( tidak bisa duduk di kelas, sehari-hari ia berada diluar kelas mengikuti keterampilan lain seperti bengkel.
b.      Pada bidang akademik untuk membaca kata saja mengalami kesulitan kesulitan.
c.       Mengenal angka sampai 10
       
Sabtu,
28 Maret 2015
Observasi pada anak
a.       Setiap hari sabtu tidak ada pembelajaran namun dilakukan kegiatan seperti makan bersama ataupun senam
b.      Dika bergaul dengan teman-temannya, ia sangat akrab dengan Deni dan David. Mereka sudah seperti geng.
c.       Dika bersedia membantu mencuci piring bersama temannya ketika makan bersama telah selesai.
       
Selasa,
31 Maret 2015
Observasi pada anak
a.       Hari selasa merupakan hari praktek keterampilan, salah satunya bengkel. Dika mengikuti praktek mencuci motor, pada kegiatan tersebut Dika membantu mengelap motor.
       
Sabtu, 18 April 2015
mencari informasi terkait kemampuan akademik
Wawancara terhadap guru kelas yakni pak Ardi mencakup kemampuan akademik lebih detail, guru kelas juga menyarankan hal awal apa saja sebelum melakukan kegiatan pembelajaran menulis fungsional seperti mencakup mencari tahu kemampuan awal.
       
Sabtu, 25 April 2015
Mencari informasi terkait keterampilan bengkel
Pada tanggal tersebut anak sedang melakukan kegiatan keterampilan bengkel yakni menambal ban, pada kegiatan tersebut dika membatu untuk menginjak ban agar ban luar dapat masuk ke dalam velg motor. Anak dapat melakukan namun dengan bantuan teman.
       
Sabtu, 9 Mei 2015
Melakukan tes untuk mengungkap kemampuan awal
Pada tanggal tersebut tester melakukan   tes untuk mencari tahu kemampuan awal yang dimiliki anak. Hasil tes hanya   dapat mengungkap sebagian kecil kemampuan anak karena sulitnya memusatkan perhatian anak.
   
Selasa, 12 Mei 2015
Melakukan tes kedua untuk mencaritahu kemampuan awal
Pada tanggal tersebut tester melakukan   tes yang kedua untuk mencari tahu kemampuan awal yang dimiliki anak. Hasil tes pada aspek dua suku kata, anak dapat membaca dengan baik namun ada soal tertentu yang harus dibantu.
   
Sabtu, 17 Mei 2015
Melihat aktifitas anak diluar kelas dan bermain basket bersama.
   
Selasa, 19 Mei 2015
Mengamati anak dalam kegiatan pembelajaran keterampilan bengkel, yakni praktek melepas dan memasang roda motor.
   
Rabu, 20 Mei 2015
Menentukan hari untuk rencana konsultasi dengan guru kelas dan guru keterampilan
   
Sabtu, 23 Mei 2015
Konsultasi laporan sementara dengan guru kelas dan guru keterampilan

2.      Wawancara
a.       Guru Kelas (Pak Ardi)
1)      Ketika pewawancara menanyakan terkait teman dikelas, dikatakan bahwa memang belum akrab dengan teman dikelasnya yang bernama miko, karena memang sifat dika yang agak jahil yakni suka mengganggu dan suka bercanda sedangkan miko merupakan anak yang cenderung serius. dalam kelas biasanya hanya ada Miko karena teman yang lain jarang berangkat sekolah.
2)      Guru kelas dika juga menyatakan pendapat bahwa perilaku selalu diluar kelas dilakukan dika karena kecenderungan anak untuk menggerakkan seluruh anggota tubuhnya.
3)      Dika juga cenderung mudah tertarik oleh stimulus dari luar, misalnya diluar kelas sedang ada sesuatu kemudian dika keluar kelas, namun keinginan dika untuk belajar dikelas sangat jarang sekali.

b.      Guru Perbengkel (Pak Iwan)
1)      Pada pembelajaran keterampilan bengkel, dika cenderung dapat bekerjasama dengan lebih baik dengan temannya pada keterampilan bengkel seperti David, Deni,dll. Dika dapat membantu ketika diberi instruksi seperti mengambilkan kunci, membeli bensin, menginjak ban ketika pembelajaran menambal ban, membilas ketika pembelajaran mencuci motor.


loading...

Artikel Bukuacuanku Lainnya :

Copyright © 2016 Bukuacuanku